Penggunaan Metode Mubasyarah dalam Pembelajaran Maharah Kalam

(Studi Lapangan di MTs Daarul Uluum PUI Majalengka)

Authors

  • Muhammad Hidayatullah

Keywords:

Metode Mubasyarah, Pembelajaran, Maharah Kalam

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru menggunakan mengajar Maharah Kalam dengan metode mubasyarah. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang dilengkapi dengan analisis deskriptif untuk melaksanakannya. Siswa dan guru bahasa Arab di MTs Daarul Uluum PUI Majalengka adalah subjek penelitian. Peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Mubasyaroh dalam mata pelajaran bahasa arab meningkatkan kemampuan Maharah Kalam siswa. Setiap pelajaran dimulai dengan materi inti dan dilanjutkan dengan latihan atau tamrin untuk memastikan siswa memahami materi. Pelajaran kemudian ditutup dengan memberikan kesimpulan yang mencakup kosa kata baru yang tidak ada dalam pelajaran sebelumnya. Dalam metode mubasyarah ini menggunakan beberapa langkah pembelajarn. Dengan langkah-langkah yang diterapkan pada metode mubaysarah dalam pembelajaran mahara kalam itu tentu sangat efektif.

 

Abstract

 

The purpose of this study was to determine how teachers use teaching Maharah Kalam with the mubasyarah method. The researcher used a qualitative approach equipped with descriptive analysis to implement it. Students and Arabic teachers at MTs Daarul Uluum PUI Majalengka were the subjects of the study. The researcher used observation, interviews, and documentation to collect data. The results of the study showed that the Mubasyaroh Method in Arabic language subjects improved students' Maharah Kalam abilities. Each lesson begins with core material and is continued with exercises or tamrin to ensure students understand the material. The lesson is then closed by providing a conclusion that includes new vocabulary that was not in the previous lesson. In this mubasyarah method, several learning steps are used. With the steps applied to the mubaysarah method in learning mahara kalam, it is certainly very effective

References

Azwar. (1986). Metode Penelitian. Andi Offset.

Badriyatul Jamroh, N. M., & Maula, I. H. (2022). Pengaruh Metode Mubasyaroh Dalam Meningkatkan Maharah Kalam Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas Progam Unggulan MTs Al-Amiriyyah Blokagung Banyuwangi. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 285–299.

Gunawansyah, & Mutmainnah, N. (2021). Efektifitas Penggunaan Tariqah Mubasyaroh. Al-Afidah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 5(1).

Hermawan. (2018). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. PT Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, N. (2023). Maharah Al Istima’u Wa Kalam. Ameena Journal, 1(1), 28–43.

Katsir, I. (n.d.). Tafsir Al Qur’an Al’azhim (Tafsir ibnu Katsir). Pustaka Imam Asy Syafii.

Khasanah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Uregensi Bahasa Arab dan Pembelajarannya di Indonesia). An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 39–54.

Mardalis. (2016). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Bumi Aksara.

Munthe, S. (2022). Pembelajaran Mufradat dalam Meningkatkan Maharah al kalam Santri di Pondok Pesantren”. NASKHI Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 4(2), 23.

Nuha, U. (2016). Ragam Metodologi Media Pembelajaran Bahasa Arab. Diva Press.

Rahmaini. (2016). Strategi Pembelajaran Maharah Kalam Bagi Non-Arab. Ihyaul ‘Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 11(1), 228.

Rohman, F. (2014). Strategi Pengelolaan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebabasaaraban, 1(1), 63–78.

Sarip, M., Rafli, Z., & Rahmat, A. (2018). Arabic Speaking Material Design Using Content and Language Integrated Learning ( CLIL ). International Journal of Humanities and Cultural Studies, 5(1), 272–286.

Ulya, N. M. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1–25.

Y. Bambang, M., & M, W. (2021). The Efforts to Improve Students’ Arabic Speaking Skills Through Language Environment Activation: A Study of Phenomenology. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 9(1), 35–48.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Muhammad Hidayatullah. (2024). Penggunaan Metode Mubasyarah dalam Pembelajaran Maharah Kalam: (Studi Lapangan di MTs Daarul Uluum PUI Majalengka). Al-Irtibaath : Pendidikan Bahasa Arab, 1(01), 66–76. Retrieved from https://ejournal.stit-tihamah.ac.id/index.php/Al-Irtibaath/article/view/71