Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Zam Zam Muhammadiyah Cilongok
Evaluasi Kurikuluum
Keywords:
Evaluasi Kurikulum, Pembelajaran Bahasa Arab, Pondok Pesantren Zam ZamAbstract
Pembalajaran bahasa Arab di Indonesia berkembang dengan pesat. Hal ini dibuktikan banyaknya lembaga kursus maupun lembaga pendidikan yang menjadikan bahasa Arab sebagai kurikulum yang wajib di pelajari oleh peserta didik. Kurikulum merupakan alat ukur pembelajaran yang langsung di implementasikan terhadap peserta didik, sehingga hasil pembelajaran dan pengajaran dapat dilihat dan kemudian dievaluasi. Melihat bahwa kurikulum yang ada di Indonesia ini, sering berubah-ubah terkhusus diranah kurikulum kemendikbud. Seperti halnya kurikulum pembelajaran dan pengajaran bahasa Arab yang di implentasikan di Pondok Pesantren Modern Zam Zam Muhammdiyah Cilongok yang masih masih menggunakan kurikulum 2019 sebagai pedoman dalam pembelajaran bahasa Arab. Namun tidak sebanding dengan penerapannya dilapangan. Setiap lembaga pendidikan memiliki evaluasi yang berbeda serta menarik untuk di teliti. Maka dari itu peneliti mencoba membahas bagaimana penerapan kurikulum 2019 dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Zam Zam Muhammdiyah Cilongok, kemudian menilai evaluasi dalam penerapannya tersebut. Penelitian ini adalah kualitatif deskiptif dengan pendekatan studi kasus dilapangan. Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa masih banyak guru yang kurang kompeten dalam penerapan kurikulum 2019 terkhusus dalam pembelajaran bahasa Arab, sehingga dampaknya terhadap proses belajar serta hasil penilaian yang mengalami stagnan. Oleh karena itu dengan sekolah berbasis pesantren modern atau sekolah bersistem asrama kiranya perlu peningkatan kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Zam Zam Muhammdiyah Cilongok sehingga keempat keterampilan berbahasa dapat diimpelentasikan dengan maksimal.
References
Fadhillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/SMP/MTS/MA/SMA. bANDUNG: Ar Razi Media.
Fauzi. (2019). Studi Komparatif Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X Kurikulum 2013 dan Kurikulum Ismuba. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2). https://doi.org/10.14421/almahara.2019.052-01, 2-5.
Fitri, A. Z. (2013). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Dari Normatif-Filosofis KePraktis,. Bandung: Alfabeta.
Hamalik. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jogjakarta: PT Bumi Akasara.
Hamid, H. (2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosda Karya.
Hamidi. (2020). Evalusi Kurikulum Pendidikan. Intizam Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/248/163, 66-75.
Kolaka, N. d. (2019). Pelajaran Al- Qur ’ An Hadits Di Madrasah Aliyah. Journal Teknologi Madrasah https://doi.org/10.5281/zenodo.3601159, 58-176.
M.Aini. (2020). Keputusan Menteri Agama (Kma) No. 189 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Bahasa Arab Di Madrasah (Tinjauan Evaluatif Terhadap Ketaksaan Learning Outcome). Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI (hal. 417-421). Malang: UM PRESS.
Muhammad Syahrul Munir, A. M. (2023). Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di STIT Al Muslihuun. Borneo Journal of Language and Education, 67-74.
Mulyasa, E. (2014). Guru dalam implementasi kurikulum 2013. Bandung: Rosda Karya.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Pustaka Belajar.
Subekti, A. S. (2016). Pemahaman dan Peran Guru TIK dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. IJCETS, 4(1), 25–31. https://doi.org/10.15294/ijcets.v3i1.8675 Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 25-31.
Sukmadinata, N. S. (2006). Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktek. Bandung: PT Rosda Karya.
Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran,. Jakarta: BUMI AKSARA.
Widayanti. (2018). Menejemen Kurikulum Bahasa Arab. Kota Tua : Cendikia.
Zaini. (2009). Pengembangan Kurikulum. Jogjakarta: Teras.