MANAJEMEN SDM DALAM MENINGKATKAN EDUCATOR FUNCTIONS

Authors

  • Trisna STIT Tihamah Cirebon
  • Maki Thajusubki STAI Yapata Al-Jawami Bandung

Keywords:

Management, HR, Educator Functions

Abstract

Abstract :

This research discusses human resource management in improving the function of teaching staff at MTs Negri 1 Mjalengka. The research method used is a qualitative field study method. The research results show that human resource management in improving the function of teaching staff at MTs Negri 1 Majalengka includes planning, organizing, implementing and supervising. Planning is carried out carefully, through deliberations between school leadership and supervisors and educators, organizing is carried out by coordinating the implementation of human resource management in improving the function of teaching staff and an organizational structure that describes the working relationships of all school members, supervision is carried out in two ways, including supervision carried out by external and internal parties. For external supervision, supervision is carried out by inspectors from the education service. When there are deficiencies, supervisors will work together to find solutions. Meanwhile, internal supervision is carried out by the school principal so that various problems are related to human resource management.

Abstrak :

Penelitian ini membahas mengenai manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan fungsi tenaga pendidik di MTs Negri 1 Mjalengka. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif studi lapangan. Adapun pada hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan fungsi tenaga pendidik di MTs Negri 1 Majalengka meliputi dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan dilakukan secara cermat, melalui musyawarah pempinan sekolah dan pengawas serta pendidik, pengorganisasian dilakukan dengan adanya pengkordinasian dalam melaksanakan manajemen sumberdaya manusia dalam meningkatkan fungsi tenaga pendidik dan struktur oeganisasi yang menggambarkan hubungan kerja semua warga sekolah, pengwasan  ada dua hal yang dilakukan diantaranya pengawasan yang dilakukan oleh pihak eksternal dan internal. Untuk eksternal, pengwasan dilakukan oleh penilik dari dinas pendidikan, ketika ada kekurangan maka pengawas akan bersama-sama untuk mencari solusi. Sedangkan pengawasan secara internal dilakukan oleh kepala sekolah sehingga berbagai persoalan terkait dengan manajemen sumber daya manusia.

References

Abdulsyani, Manajemen Organisasi (Surabaya: Bumi Aksara, 1987)

Alamsyah, Dedy, A Khalik, and Dian Nisa Istofa, ‘Efektivitas Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu SLB Muaro Jambi’, Journal of Management in Education, 5.1 (2021), 1–6

Alantaqi, Wajihudin, Rahasia Menjadi Guru Teladan Penuh Empati (Jogjakarta: Garailmu, 2010)

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi), Jakarta: Rineka Cipta, 2010, I <https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004>

———, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)

Daft, R.L., Manajemen., No Title, ed. by Dkk) Emil Salim, 1st edn (Jakarta: Erlangga)

Darajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)

Drajat, Masyhuri, ‘Manajemen Pengorganisasian Dalam Pendidikan Islam’, Tafhim Al-’Ilmi, 8.1 (2016)

E, Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenagkan (Bandung: Rosdakarya, 2011)

Faustino, and Cardoso Gomes, Manajemen Sumber Daya Manusia (Yogyakarta: Andi Offset, 1995)

Haq, Rusniati dan Ahsanul, ‘Perencanaan Strategis Dalam Perspektif Organisasi’, INTEKNA, 2 (2014)

Harumia, Harumia, and Sitti Hairani Idrus, ‘Penerapan Rekrutmen Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Kantor Perum Bulog Kota Kendari’, Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis, 3.2 (2018), 218–29

Hayati, Devi Isna, ‘No TPerencanaan Sumber Data Manusia Aparatur: Studi Deskriptif Tentang Sistem Perencanaan SDM Pegawai Negeri Sipil Di Kabupaten Kediriitle’, Universitas Airlangga, Volume 2,

Husain Usman, Metodologi Penelitian Sosial (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006)

Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial, ed. by Martinis Yamin (Jakarta: Referensi, 2013)

James J. Jones dan Donal L, Walters, Human Resources Managemen in Education: Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan (Yogyakarta: Qultum Media, 2008)

Juhariyah, ‘Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Sarana Prasarana Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis)’, Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2.1 (2017), 37–42

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Trisna, and Maki Thajusubki. 2024. “MANAJEMEN SDM DALAM MENINGKATKAN EDUCATOR FUNCTIONS”. JMPT: Jurnal Manajemen Pendidikan Tihamah 2 (01). https://ejournal.stit-tihamah.ac.id/index.php/jmpt/article/view/104.