Manajemen Program Smart Classroom Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA IT Al Multazam Kuningan

Authors

  • Tia Setiadi MAS Husnul Khotimah Kuningan
  • Pitriah Indriani SMA IT Al Multazam Kuningan
  • Barnawi Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.61444/jmpt.v2i01.43

Keywords:

Transformasi Digital, Mutu Pendidikan, Manajemen, Smart Classroom

Abstract

Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Multazam Kuningan memiliki peran sebagai instansi pendidikan yang memiliki kewenangan dan tugas dalam pembinaan dan penyelenggaraan pendidikan. Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan menjadi tantangan baru bagi SMA IT Al Multazam untuk tetap berdiri tegak di era digital dan globalisasi sekarang ini. Tuntutan terhadap mutu pendidikan di sana pun semakin meningkat. Maka dengan ini, lembaga membuat solusi yakni dengan mengadakan program Smart Classroom. Smart Classroom adalah konsep pembelajaran yang memadukan antara penggunaan berbagai perangkat teknologi dan sistem informasi yang saling terintegrasi secara digital untuk meningkatkan proses dan interaksi pembelajaran antara guru dan murid. Jurnal ini akan membahas bagaimana managemen transformasi digital dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA IT Al Multazam Kuningan. Untuk mengetahui hal tersebut penulis akan menggunakan metode penelitian kualitatif yakni studi kasus yang didalamnya menggunakan teknik observasi langsung dan wawancara.

 

References

Alawiyah, Faridah, ‘Standar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah’, Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 8.1 (2017), 81–92 <https://doi.org/10.46807/aspirasi.v8i1.1256>

Asrita, Riswel, ‘Manajemen Mutu Pendidikan Islam’, Hijri, 11.2 (2022), 159 <https://doi.org/10.30821/hijri.v11i2.13072>

Classroom, Smart, D I Sdit, Studi Kasus, Smart Classroom, and D I Sdit, ‘ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN SMART CLASSROOM DI SDIT ASH-SHIDDIIQI (Studi Kasus Di SDIT Ash-Shiddiiqi) TESIS’, 2024

Febriansyah; Lukmansyah, Dian; Hartanto, Rudi; Kurniawan, Chandra, ‘Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Profesional Dalam Kompetensi Global’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2016, 570–77

Gunarto, Edi, Huriyah Huriyah, and Didin Nurul Rosidin, ‘Manajemen Pembelajaran Berbasis Smart Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA’, JIEM (Journal of Islamic Education Management), 7.1 (2023), 63 <https://doi.org/10.24235/jiem.v7i1.13295>

Kotarba, Marcin, ‘Digital Transformation of Business Models’, Foundations of Management, 10.1 (2018), 123–42 <https://doi.org/10.2478/fman-2018-0011>

Marpaung, Flowrent Natalia, Bernadetha Nadeak, and Lamhot Naubaho, ‘Teknik Peningkatan Mutu Pendidikan’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5.1 (2023), 3761–72 <https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11614>

McCarthy, A M, D Maor, A McConney, and C Cavanaugh, ‘Digital Transformation in Education: Critical Components for Leaders of System Change’, Social Sciences and Humanities Open, 8.1 (2023) <https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100479>

Mukhametgaliyeva, Saphiya, Alena Gura, Olesya Dudnik, and Anastasiya Khudarova, ‘The Use of Social Networks in E-Learning Technologies in the Context of Distance Education’, Sustainability (Switzerland), 14.14 (2022), 1–12 <https://doi.org/10.3390/su14148949>

Pertiwi, Nunu, and Hanung Eka Atmaja, ‘Peran Kepemimpinan Dalam Manajemen Perubahan Di Organisasi’, Jurnal EK&BI, 4.2 (2021), 576–81 <https://doi.org/10.37600/ekbi.v4i2.324>

Pizzi, S, A Venturelli, M Variale, and G P Macario, ‘Assessing the Impacts of Digital Transformation on Internal Auditing: A Bibliometric Analysis’, Technology in Society, 67 (2021) <https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2021.101738>

Prayoga, Ari, Rizqia Salma Noorfaizah, Yaya Suryana, and Mohammad Sulhan, ‘Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Quran Berbasis Metode Yaddain Di Mi Plus Darul Hufadz Sumedang’, Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4.2 (2019), 140–56 <https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.326>

Riyadi, ‘Manajemen Pengawasan’, Modul Pelatihan Kepemimpinan Pengawas, 2021, 1–119

Syahputra, Dwi, Rifaldi, and Nuri Aslami, ‘Prinsip-Prinsip Utama Manajemen George R. Terry’, Manajemen Kreatif Jurnal (MAKREJU), 1.3 (2023), 51–56

Tangi, Luca, Marijn Janssen, Michele Benedetti, and Giuliano Noci, ‘Digital Government Transformation: A Structural Equation Modelling Analysis of Driving and Impeding Factors’, International Journal of Information Management, 60 (2021), 102356 <https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2021.102356>

Tulungen, Evans E.W., David P.E. Saerang, and Joubert B. Maramis, ‘Transformasi Digital : Peran Kepemimpinan Digital’, Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10.2 (2022), 1116–23 <https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41399>

Zhang, Mingbao, and Xiang Li, ‘Design of Smart Classroom System Based on Internet of Things Technology and Smart Classroom’, Mobile Information Systems, 2021 (2021) <https://doi.org/10.1155/2021/5438878>

Downloads

Published

2024-09-27

How to Cite

Setiadi, Tia, Pitriah Indriani, and Barnawi. 2024. “Manajemen Program Smart Classroom Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA IT Al Multazam Kuningan”. JMPT: Jurnal Manajemen Pendidikan Tihamah 2 (01):18-52. https://doi.org/10.61444/jmpt.v2i01.43.