10.61444 Analisis Penerapan Kurikulum di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Pekalongan

Authors

  • imam syafii UIN Salatiga
  • Wahid Mustofa
  • Chusna Nur Rosyida
  • Zaaidtul ‘Ulya
  • Syaefudin Achmad

DOI:

https://doi.org/10.61444/jmpt.v2i01.66

Keywords:

Kata Kunci: MAN Insan Cendekia, Pekalongan, Kurikulum, SNP, Humanistik dan Teknologi, Subjek Akademis, Rekontruksi Sosial., Kurikulum, Humanistik, Teknologi, Rekontruksi Sosial

Abstract

MAN Insan Cendekia Pekalongan merupakan sekolah unggul yang telah menggunakan kurikulum yang memadukan iptek dan imtaq. Fakta tersebut didapatkan dari beberapa jurnal yang telah terpublikasi dengan bukti yang konkrit. Penelitian ini berlokasi di MAN Insan Cendekia Pekalongan, berfokus pada kurikulum yang diterapkan di MAN Insan Cendekia Pekalongan serta bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan kurikulum di MAN Insan Cendekia Pekalongan, dan juga pengembangannya. Sekolah tersebut telah menggunakan kurikulum integratif yang memadukan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dan IMTAQ (Iman dan Taqwa). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode library research atau studi pustaka. MAN Insan Cendekia Pekalongan merupakan sekolah unggul yang telah memadukan kurikulum integratif dengan konsep kurikulum yang mencakup pendekatan subjek akademis, humanistik, dan teknologi, serta rekonstruksi sosial. Pendekatan ini diharapkan dapat menghasilkan generasi yang tidak hanya unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga memiliki moralitas dan spiritualitas yang tinggi. Pengembangan kurikulum di sekolah ini juga melibatkan evaluasi secara berkelanjutan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan global. Penelitian ini memberikan gambaran mendalam tentang analisis pengembangan kurikulum integratif serta tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan kurikulum serupa di sekolah-sekolah lain di Indonesia.

References

Alfaini, S., Prananingrum, A. V., Hidayati, R. E., & Rossydah, F. (2021). Kajian Teoritis Organisasi dan Pengembangan Kurikulum. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(3), 28–40.

Fadilah, L., & Hamami, T. (2021). PENDEKATAN SUBJEK AKADEMIS DAN HUMANISTIK DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v8i2.4947

Manpan Drajat. (2018). Sejarah Madrasah Di Indonesia. https://doi.org/10.5281/ZENODO.1161729

Mastiyah, I. M., & Lisyawati, E. (2022). Model Penyelenggaraan Program Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Pekalongan Jawa Tengah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 20(1), 59–78. https://doi.org/10.32729/edukasi.v20i1.1123

Miswanto, R. (2015). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM HUMANISTIK (Studi Kasus di Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangbendo Bantul). 2.

Rohim, M., Sudadi, & Muadin, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pendekatan Humanistik, Subjek Akademik dan Rekonstruksi Sosial. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 202–208.

Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60.

Sabda, S. (2016). Pengembangan Kurikulum (Tinjauan Teoritis). Aswaja Pressindo.

Salabi, A. S. (2020). EFEKTIVITAS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM SEKOLAH.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Syaifuddin, M. (2021). Strategi Manajemen Struktur Kurikulum Integratif di MAN Insan Cendekia Pekalongan. Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman dan Pendidikan Islam, 16(1), 24–36. https://doi.org/10.32923/taw.v16i1.1617

Syaifuddin, M. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Harmonisasi Ilmu Agama dan Saintek di MAN Insan Cendekia Pekalongan. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(2), 131–152. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i2.3759

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

imam syafii, Wahid Mustofa, Chusna Nur Rosyida, Zaaidtul ‘Ulya, and Syaefudin Achmad. 2024. “10.61444 Analisis Penerapan Kurikulum Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Pekalongan”. JMPT: Jurnal Manajemen Pendidikan Tihamah 2 (01). https://doi.org/10.61444/jmpt.v2i01.66.