PERAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK ERA DIGITAL DI SD 214 DESA MUARA PUNGKUT
DOI:
https://doi.org/10.61444/jmpt.v2i01.83Keywords:
PERAN, KELUARGA , ANAK, ERA DIGITAL, SD 214 DESA MUARA PUNGKUT, KUALITAS PENDIDIKANAbstract
- Era digital membawa dampak besar terhadap dunia pendidikan, khususnya pada tingkat pendidikan dasar. Teknologi menawarkan kemudahan akses informasi yang dapat meningkatkan proses pembelajaran, tetapi di sisi lain, juga memberikan tantangan berupa potensi gangguan, seperti kecanduan gadget, paparan konten yang tidak sesuai, dan pengurangan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran keluarga dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak di SD 214 Desa Muara Pungkut, dengan fokus pada bagaimana keluarga mengarahkan, mendukung, dan membimbing anak untuk memanfaatkan teknologi secara bijak. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran keluarga sangat penting dalam memberikan pendampingan belajar, pengawasan penggunaan teknologi, serta membangun karakter anak di era digital. Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan literasi digital pada orang tua dan akses teknologi yang belum merata. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara keluarga, sekolah, dan pemerintah untuk mengoptimalkan potensi pendidikan di era digital.
References
Amrillah, H.M. Taufik, and Amanah Rahmaningtyas. “Peran Orang Tua Di Era Digital.” Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2020).
Asmawati, Luluk. “Peran Orang Tua Dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Pada Anak Usia Dini.” Aripi 6, no. 1 (2021): 30–44.
Jones, B., and M Dooly. “The Influence of Digital Media on Children’s Learning and Socialization.” Journal of Digital Learning 12, no. 3 (2017): 45–67.
Lasurital, Silvy Rolis, Ruth J. Siahaan, Hesty R. Anabertus, Iis Dayanti, and Ridwan P. Zega. ““Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Era Society 5.0.” SIKIP 3, no. 2 (2022): 93–105.
Mulyadi, A. “Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak.” Jurnal Pendidikan Karakter 8, no. 2 (2016).
Rahmat, A. “Analisis Literasi Digital Dalam Keluarga Sebagai Upaya Pengawasan Penggunaan Teknologi Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Teknologi Dan Pembelajaran 17, no. 1 (2022): 28–35.
Ruli, Efrianus. “Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidik AnakTugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak.” JURNAL EDUKASI NONFORMAL 1, no. 1 (2020): 143–146.
Suharto, Toto. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2006.
Sunarti, S. “Dampak Pendampingan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD.” Jurnal Pendidikan Anak 10, no. 1 (2010).
Ulwan, Abdullah Nasih. Pendidikan Anak Dalam Islam Jilid 1, Terj. Jamaludin Miri. Jakarta: Pustaka Amani, 2002.
Wahyudi, Tian. “Paradigma Pendidikan Anak Dalam Keluarga Di Era Digital (Perspektif Pendidikan Islam).” RI’AYAH 4, no. 1 (2019).
Yuliana, Wirda, Abdul Hamid, and Firdaus Ainul Yaqin. “Study Analisis : Tantangan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Dan Mengatasi Kemalasan Belajar Anak Di Era Smart Society 5.0.” Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya 3, no. 1 (2022).