https://ejournal.stit-tihamah.ac.id/index.php/jmpt/issue/feedJMPT: Jurnal Manajemen Pendidikan Tihamah2024-12-26T08:09:19+07:00Barlian Fajri, M.Pdjurnaltihamah@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Manajemen Pendidikan Tihamah (JMPT) </strong>(e-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230817551143113" target="_blank" rel="noopener">3025-0366</a>) adalah publikasi interdisipliner dari penelitian asli dan tulisan tentang manajemen pendidikan Islam. Diterbitkan dua kali setahun (Juni dan Desember) oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tihamah, Cirebon, Jawa Barat. Jurnal ini bertujuan untuk memberikan wadah pemahaman ilmiah bidang Manajemen Pendidikan Islam dan berperan penting dalam mempromosikan proses yang mengakumulasi pengetahuan, nilai, dan keterampilan kontemporer. Jurnal ini memuat artikel penelitian, laporan penelitian, ulasan, komunikasi singkat dan komentar ilmiah dalam pendidikan di semua bidang termasuk:</p> <ol> <li>Manajemen Administrasi</li> <li>Manajemen Pendidikan Pemasaran</li> <li>Manajemen Pengembangan Pendidikan Islam</li> <li>Filsafat Manajemen Pendidikan Islam</li> <li>Pendekatan Pendidikan Islam</li> <li>Kepemimpinan Pendidikan Islam</li> <li>Manajemen Pesantren</li> </ol>https://ejournal.stit-tihamah.ac.id/index.php/jmpt/article/view/37STRATEGI BRANDING DAN PROMOSI PESANTREN DARUL LUGHAH WA DA’WAH MELALUI TIKTOK2024-09-19T07:57:26+07:00Zainal Abidinzainalabidin@uiidalwa.ac.idSegaf Baharunsegafbaharun@uiidalwa.ac.idAchmad Fauzi Hamzahachmadfauzihamzah@uiidalwa.ac.id<p>This research explores the branding and promotion strategies carried out by the Darul Lughah Wa Dakwah Bangil Islamic Boarding School through the TikTok platform, with the aim of understanding the effectiveness and resistance to the use of social media in the context of Islamic educational institutions. Using a qualitative approach and case study design, this research collected data through in-depth interviews, participant observation, and analysis of related documents. The 7C Framework approach—which includes Context, Content, Community, Customization, Communication, Connection, and Commerce—is used to analyze Islamic boarding school branding strategies. The findings show that TikTok plays an important role in expanding promotional reach and building a positive image of Islamic boarding schools through creative content showing daily life in Islamic boarding schools, testimonials, and educational content. However, significant challenges such as content conformity with Islamic values, balance between cyberspace and spiritual life, and data security and privacy need to be addressed to ensure the effectiveness and sustainability of branding strategies on digital platforms. This research provides insight into how Islamic educational institutions can utilize social media effectively while maintaining spiritual principles and data security.</p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><strong>:</strong> Strategy, Branding, Promotion, TikTok</p>2024-09-19T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JMPT: Jurnal Manajemen Pendidikan Tihamahhttps://ejournal.stit-tihamah.ac.id/index.php/jmpt/article/view/83PERAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK ERA DIGITAL DI SD 214 DESA MUARA PUNGKUT2024-12-23T08:17:19+07:00rodiyah-21 Rodiyahrodiahbatra10@gmail.comNovebrinovebri@stain-madina.ac.id<ol> <li><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Era digital membawa dampak besar terhadap dunia pendidikan, khususnya pada tingkat pendidikan dasar. Teknologi menawarkan kemudahan akses informasi yang dapat meningkatkan proses pembelajaran, tetapi di sisi lain, juga memberikan tantangan berupa potensi gangguan, seperti kecanduan gadget, paparan konten yang tidak sesuai, dan pengurangan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran keluarga dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak di SD 214 Desa Muara Pungkut, dengan fokus pada bagaimana keluarga mengarahkan, mendukung, dan membimbing anak untuk memanfaatkan teknologi secara bijak. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran keluarga sangat penting dalam memberikan pendampingan belajar, pengawasan penggunaan teknologi, serta membangun karakter anak di era digital. Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan literasi digital pada orang tua dan akses teknologi yang belum merata. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara keluarga, sekolah, dan pemerintah untuk mengoptimalkan potensi pendidikan di era digital.</span></span></span></span></span></span></span></span></span></span></li> </ol>2024-12-23T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JMPT: Jurnal Manajemen Pendidikan Tihamahhttps://ejournal.stit-tihamah.ac.id/index.php/jmpt/article/view/104MANAJEMEN SDM DALAM MENINGKATKAN EDUCATOR FUNCTIONS 2024-12-26T08:09:19+07:00Trisnakabayabodas07@gmail.comMaki ThajusubkiThajusubkimaki@gmail.com<p><strong>Abstract :</strong></p> <p><em>This research discusses human resource management in improving the function of teaching staff at MTs Negri 1 Mjalengka. The research method used is a qualitative field study method. The research results show that human resource management in improving the function of teaching staff at MTs Negri 1 Majalengka includes planning, organizing, implementing and supervising. Planning is carried out carefully, through deliberations between school leadership and supervisors and educators, organizing is carried out by coordinating the implementation of human resource management in improving the function of teaching staff and an organizational structure that describes the working relationships of all school members, supervision is carried out in two ways, including supervision carried out by external and internal parties. For external supervision, supervision is carried out by inspectors from the education service. When there are deficiencies, supervisors will work together to find solutions. Meanwhile, internal supervision is carried out by the school principal so that various problems are related to human resource management. </em></p> <p><strong>Abstrak :</strong></p> <p><em>Penelitian ini membahas mengenai manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan fungsi tenaga pendidik di </em><em>MTs Negri 1 Mjalengka. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif studi lapangan. Adapun pada hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan fungsi tenaga pendidik di MTs Negri 1 Majalengka meliputi dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan dilakukan secara cermat, melalui musyawarah pempinan sekolah dan pengawas serta pendidik, pengorganisasian dilakukan dengan adanya pengkordinasian dalam melaksanakan manajemen sumberdaya manusia dalam meningkatkan fungsi tenaga pendidik dan struktur oeganisasi yang menggambarkan hubungan kerja semua warga sekolah, pengwasan ada dua hal yang dilakukan diantaranya pengawasan yang dilakukan oleh pihak eksternal dan internal. Untuk eksternal, pengwasan dilakukan oleh penilik dari dinas pendidikan, ketika ada kekurangan maka pengawas akan bersama-sama untuk mencari solusi. Sedangkan pengawasan secara internal dilakukan oleh kepala sekolah sehingga berbagai persoalan terkait dengan manajemen sumber daya manusia</em>.</p>2024-12-26T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JMPT: Jurnal Manajemen Pendidikan Tihamahhttps://ejournal.stit-tihamah.ac.id/index.php/jmpt/article/view/6610.61444 Analisis Penerapan Kurikulum di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Pekalongan2024-12-23T07:10:25+07:00imam syafiisimam24434@gmail.comWahid Mustofawahidmustofasatu@gmail.comChusna Nur Rosyidachusnanur17@gmail.comZaaidtul ‘Ulyazaaidatulya@gmail.comSyaefudin Achmadsyaefudinachmad@uinsalatiga.ac.id<p>MAN Insan Cendekia Pekalongan merupakan sekolah unggul yang telah menggunakan kurikulum yang memadukan iptek dan imtaq. Fakta tersebut didapatkan dari beberapa jurnal yang telah terpublikasi dengan bukti yang konkrit. Penelitian ini berlokasi di MAN Insan Cendekia Pekalongan, berfokus pada kurikulum yang diterapkan di MAN Insan Cendekia Pekalongan serta bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan kurikulum di MAN Insan Cendekia Pekalongan, dan juga pengembangannya. Sekolah tersebut telah menggunakan kurikulum integratif yang memadukan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dan IMTAQ (Iman dan Taqwa). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode library research atau studi pustaka. MAN Insan Cendekia Pekalongan merupakan sekolah unggul yang telah memadukan kurikulum integratif dengan konsep kurikulum yang mencakup pendekatan subjek akademis, humanistik, dan teknologi, serta rekonstruksi sosial. Pendekatan ini diharapkan dapat menghasilkan generasi yang tidak hanya unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga memiliki moralitas dan spiritualitas yang tinggi. Pengembangan kurikulum di sekolah ini juga melibatkan evaluasi secara berkelanjutan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan global. Penelitian ini memberikan gambaran mendalam tentang analisis pengembangan kurikulum integratif serta tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan kurikulum serupa di sekolah-sekolah lain di Indonesia.</p>2024-12-23T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JMPT: Jurnal Manajemen Pendidikan Tihamahhttps://ejournal.stit-tihamah.ac.id/index.php/jmpt/article/view/43 Manajemen Program Smart Classroom Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA IT Al Multazam Kuningan2024-09-27T02:54:59+07:00Tia Setiadiorsanhk@gmail.comPitriah Indrianipitriah.indriani@gmail.comBarnawibarnawioke@gmail.com<p>Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Multazam Kuningan memiliki peran sebagai instansi pendidikan yang memiliki kewenangan dan tugas dalam pembinaan dan penyelenggaraan pendidikan. Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan menjadi tantangan baru bagi SMA IT Al Multazam untuk tetap berdiri tegak di era digital dan globalisasi sekarang ini. Tuntutan terhadap mutu pendidikan di sana pun semakin meningkat. Maka dengan ini, lembaga membuat solusi yakni dengan mengadakan program Smart Classroom. Smart Classroom adalah konsep pembelajaran yang memadukan antara penggunaan berbagai perangkat teknologi dan sistem informasi yang saling terintegrasi secara digital untuk meningkatkan proses dan interaksi pembelajaran antara guru dan murid. Jurnal ini akan membahas bagaimana managemen transformasi digital dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA IT Al Multazam Kuningan. Untuk mengetahui hal tersebut penulis akan menggunakan metode penelitian kualitatif yakni studi kasus yang didalamnya menggunakan teknik observasi langsung dan wawancara.</p> <p> </p>2024-09-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JMPT: Jurnal Manajemen Pendidikan Tihamah